(GoVlog-Umum) Sepeda Penny-Farthing Made in Tegal

Handphone dalam saku bergetar tanda ada sms masuk, segera aku cari tempat untuk memberhentikan motor dan sekalian istirahat dalam perjalanan mudik lebaran 1432 H kemarin. Bro, posisi dimana? Kubaca sms dari teman kerjaku yang sudah mudik duluan ke Tegal. Memang sebelumnya kami sudah janjian akan mampir ke rumahnya untuk silaturahmi dan numpang istirahat. Segera aku telepon temanku memberitahukan bahwa aku sudah sampai Tegal. Tak lama kemudian temanku muncul dan mengajaknya ke rumah. Ternyata tidak jauh dari tempat aku berhenti tadi.

Begitu masuk halaman rumahnya, satu hal yang langsung menarik perhatianku adalah sebuah sepeda. Ya, sebuah sepeda yang sedang dipakai ramai-ramai dikelilingi anak-anak kecil sambil berlarian mengikuti sepeda. Sepedanya sangat unik, bentuk sepeda jaman dahulu kala sepertinya, dan yang pasti bagaimana sepeda ini tercipta, karena saya belum pernah lihat sepeda seperti ini, dan kayaknya belum ada dijual di toko sepeda. Biasanya sepeda unik jaman sekarang hanya modifikasi stang, jok dan sebagainya, tapi kalo yang satu ini, lebih unik dan sangat menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Setelah tanya ke temanku siapa sang pembuat dan empunya sepeda ini, aku diperkenalkan ke ayahnya, Bapak Agus, yang membuat sendiri sepeda tersebut. Wuiih, kreatif juga nih Bapak. Ide membuat sepeda ini secara tak sengaja pada awal tahun ini ketika surfing di internet untuk melihat gambar sepeda jaman dahulu. Dari sekian banyak gambar yang ditemukan, jenis sepeda high-wheeler (sepeda tinggi) membuatnya kesengsem dan tertantang untuk membuatnya. Dengan tangan terampilnya bahan-bahan yang diperlukan dikumpulkan dan dibentuk sendiri dengan telaten. Tentu dengan tambahan modifikasi dan ide cemerlangnya sehingga hasilnya lebih bagus dari pertama kali sepeda jenis ini dibuat. Misalnya, ada tambahan standar sepeda jenis paddock. Untuk melepas standar ini kita tidak perlu susah-susah karena pengendalinya ada di stang, jadi setelah kita naik sepeda dan siap mengayuh, tinggal tekan tombol pelepas standar dan sepedapun siap bergaya. Kereen… Untuk membuat sepeda tersebut hingga siap pakai, dibutuhkan waktu sekitar 3 minggu. Ternyata sepeda ini adalah buatannya yang kedua, sepeda pertama sudah dibeli oleh seorang pengusaha di Tegal. Kalau ada lihat penampakan sepeda ini di alun-alun kota Tegal, itulah buatan Pak Agus.

Ya, sepeda jenis ini pertama kali dibuat oleh James Starley, seorang warga negara Perancis. Sepeda dengan roda depan yang sangat besar, dikenal dengan nama Penny-Farthing. Sepeda ini sangat populer di era 1880 an, dan merupakan sepeda pertama yang mendapat sebutan Bicycle (dua roda)/high-wheeler (sepeda tinggi).

Karena kami harus melanjutkan perjalanan ke kampung halaman, kamipun pamit. Saya sempatkan untuk memotret Sepeda Penny-Farthing made in Tegal tersebut dengan handphone. Belakangan saya dapat kabar bahwa sepeda tersebut sudah dibawa ke kota Depok oleh saudaranya, dan Bapak Agus sedang membuat lagi sepeda serupa pesanan dari seorang Pengusaha. Moga sukses ya Pak Agus, semakin banyak pesanan.. dan semakin kreatif..

4 Balasan ke (GoVlog-Umum) Sepeda Penny-Farthing Made in Tegal

  1. aden mengatakan:

    antik juga ya sepedanya..boleh juga tuh.

  2. sepatusafetyonlines mengatakan:

    retro abisss….. kami tunggu info lainnya Gan…..

  3. tas branded kw1 mengatakan:

    salut untuk ayah pak Agus

  4. Sigit mengatakan:

    Kalo bikin sekitar berapa Pak????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: