Bahan Kimia untuk Home Industri

Berikut kami lampirkan daftar beberapa bahan kimia yang sering dipakai dalam industri kimia berkut keterangan singkat (sifat,kegunaan dll), silahkan mencoba.

A.B.S. Singkatan AlkylBenzeneSulphonic acid, atau NANSA 1870 (Albright) bahan berbentuk cairan kental warna coklat tua dan panas digunakan untuk bahan pembersih seperti deterjen.

Aceton, atau Dimetilketon atau Propanon-2. Berbentuk cairan jernih yang mudah terbakar, berbau cukup menyengat dan mudah menguap. Digunakan untuk pelarut lemak, lilin, plastik. Penerapan :sebagai bahan pembuatan nailpaint remover (penghapus pewarna kuku)

Aceton peroxide sebagai pemutih dan pematang tepung dengan dosis seperlunya.

Acid Blue = pewarna , Acid blue1 =Food Blue, collor index=no 422051 dan Acib Blue 3 = Sulphan Blue, no index 42045

Acid Green = pewarna hijau (C.I. no 44090)

Aquadestilata = air suling

Borax, nama lain: Biboras Natricus / sodium borate/ sodium tetraborate / sodium biborate/ sodium pyroborate.
Bentuk fisik ada 2 : kristal (decahidrat) larut dalam air.
Serbuk (anhidrat) sukar larut dalam air.
Kegunaan: bahan pengkilap logam, bahan pelembut tekstil, menyolder. Dalam bidang medis, sebagai astringen dan antiseptik

Broxo-salt garam broxo. Bentuk seperti kacang.

Bucrylateberupa cairan, titik didih 170 derajat celcius, sering digunakan sebagai perekat sel.

Butylalcohol , nama lain: 1-butanol atau normal butilalcohol ( N-butylalcohol)
Cairan bersifat racun, sebagai pelarut ,penghapus cat

C.M.C. Carboxy-Methyl-Cellulose Butiran/granul putih yang bila basah mengembang membentuk cairan kental. Sebagai bahan baku pembuatan deterjen, plester,tekstil, tinta cetak, pengeboran. Dalam kesehatan sebagai suspending agent.

cadmium oxide bubuk/kristal warna coklat tua larut dalam asam encer. Digunakan dalam industri gelas/batere,campuran logam perak, elektro plating. Dalam medis sebagai unsur obat cacing nematocide dan ascaricide pada babi.

canada balsem sebagai perekat barang dari kaca

cera alba malam(lilin) putih atau Bees-wax White. Bentuknya padat berwarna putih kekuningan larut dalam minyak atsiri/lemak dan chloroform dengan titik leleh berkisar 62-64 derajat Celcius.

diammonium phospate nama lainnya : Diamonium H-phospat, Ammonium fosfat sekunder/dibasic atau disingkat DAP.
Digunakan dalam pembuatan tekstil dan bahan lain yang tahan api. Warna dasar untuk bahan celup pabrik kain.

E.B.B. Emulsi Benzyl Benzoat biasanya kadar 25 persen. Sebagai bahan obat Scabies (kudis).

Ethylenglycol Nama lainnya: Glycolalcohol, Glycol, etilenglycol.
Berupa cairan agak kental, manis tapi beracun. Untuk minyak rem , pelarut tinta ballpoint, tinta stempel, cat. Bahan pemadam kebakaran. Bahan anti beku

Ethyl Hexanediolcairan untuk mengusir serangga/hama, dicampur dengan Dimethylphtalat.

Ferri oxydemeni besi

FormaldehydesolutionNama lain: Formalin, formol dengan kadar sekitar 37 persen Formaldehyde.
Untuk desinfektan pakaian, ruangan, kapal. Untuk bahan tinta warna putih, pengawet jenazah/mayat, bahan pembersih kaca, bahan campuran bedak. Untuk mencegah polimerisasi sering ditambah methanol 10-15 persen. Berbentuk cairan yang jernih dengan bau menyengat.

Gelatindari tulang hewan yang digiling sebagai bahan industri lem kayu.

Glyserin nama lain: Glycerol , berupa cairan jernih berfungsi agar campuran tidak lekas kering, misalnya untuk tinta stempel.

gom/gum gum atau kak dalam bahasa jawa, ada 4 macam:
1.Gom arab (arabian/acacia gum)
2.Guar Gum
3.Veegum
4.Tragacanth
Untuk membuat gelasan/pelapis beling tumbuk pada benang layangan, biasa digunakan arabic gum, demikian juga untuk membuat lem cair.

Hydrogen peroxide dengan rumus kimia H2O2, disebut juga Waterstof-peroxyde, cairan jernih dan menghanguskan kulit bila tersentuh. Sebagai pemutih bahan makanan, pemutih bulu angsa (untuk shuttlecock), gading, sebagai desinfektan air. Untuk medis sebagai campuran (3 persen) obat kumur. Dalam industri mebel dikenal untuk membleach kayu yang belang (kadang dicampur ammonia).

Hydroquinon atau hydrochinon kristal dengan titik leleh 170-171 derajat Celcius larut dalam air, alkohol dan ether. Larutan Hydroquinon bila kena angin/udara berubah warna menjadi coklat. Dalam medis digunakan untuk penghilang bercak hitam pada kulit. Di dunia teknik digunakan pada fotografi dan antioksidantia.

Ionolberfungsi sebagai pengawet untuk minyak

Iron sulfide dengan rumus kimia FeS, bentuknya bubuk/kristal berwarna abu-abu sampai coklat hitam. Digunakan dalam industri keramik, cat (sebagai pigmen)

Kalii carbonateatau Salt of tartar, bentuk bubuk/butiran yang higroskopis dengan titik leleh 891 derajat Celcius . Ada yang tidak higroskopis, yaitu yang jenis sesquihidrat.
Digunakan dalam industri sabun, gelas/kaca, keramik dan penyamakan kulit. Dalam kosmetika sebagai bahan shampoo cair.

Kalii chloratedengan rumus kimia KCLO3, bentuknya kristal dengan titik leleh 368 derajat Celcius, digunakan dalam industri korek api batangan, kembang api dan pewarna kain katun.

Lithopondengan rumus kimia ZnS 26-60 persen, untuk bahan baku dempul (putty), tinta , cat (minyak dan tembok).

Mentholnama lain: Peppermint camphor, bentuk kristal/butiran, sebagai campuran permen, pewangi, rokok. Dalam medis digunakan sebagai obat gosok, campuran obat batuk., obat kumur, pasta gigi.

Methylen blueuntuk mewarnai spiritus, pembersih keramik, tinta.

Naptholdigunakan dalam pembuatan tinta birutua dan dalam usaha laundry.

n.b.acetate atau Nonyl-butyl-acetate, berbentuk cairan wangi digunakan sebagai pelarut (seperti thinner).

nipasol atau Propylparaben, sebagi pengawt makanan.

Pelarut solvent atau oplosmiddel.Terbagi dua macam: organik (chloroform, toluen, xylen,wasbensin dll) dan anorganik. Sesuai namanya, untuk melarutkan bubuk/kristal /butir granule.

Phenol atau karbol, bentuknya kristal higroskopis, untuk lem, lysol wangi

Polyvinylacetate untuk pembuatan lem kayu, cat tembok, tinta transparan.

Red Lead atau Loodmenie (Pb3O4), bentuk kristal berwarna oranye kemerahan .Untuk mengawetkan kayu, pigmen, sebagai elastomer penyekat kabel..

S.M.T atau nama dagang Pegasol 3040 ialah pengemulsi, sebagai aditif pencegah karat, bahan antikabut dalam film PVC, pembasah pigmen dalam pembuatan cat..

Sacharin pemanis buatan.

Soda api atau kaustik soda, nama lain Sodium Hydroxide, Natrium Hidroksida. Dengan sifat panasnya untuk mengikis kebuntuan saluran w.C, untuk cuci botol.

Sodium Carbonate dengan rumus kimia Na2CO3, sebagai pembersih noda tinta.

Sodium Lauryl- Sulfo acetate atau anionic surfactant. Digunakan dalam pembuatan pasta gigi

Talc atau talcum. Nama lain Talcum venetum, Magnesium silikat, berupa bubuk warna putih , ada juga yang keabu-abuan/kebiru-biruan. Bahan baku utama pembuatan bedak salicyl, juga bahan pengisi tablet. Produk yang terkenal adalah merk Haichen (Jerman) dan Liaoning (China)

Tartrazine zat pewarna yang umum digunakan berwarna kuning,sering digunakan untuk mie kering dan kerupuk Color Index no.19140, food yellow no.4

Tawas ada dua macam: Tawas bening .(Kalium Aluminium Sulfat, aluin/alumen/potas alum, untuk menjernihkan air takaran 30 gram perliter air. 2. Tawas Butek (Al2(SO4)3 untuk mengendapkan kotoran air..

Teepoldeterjen sangat cair dari asam lemak kelapa/kapuk (jawa= biji klentheng).

Vanillin berbentuk jarum putih atau kuning muda berbau vanila. Dapat larut dalam alkohol, chloroform, karbondisulfide ataupun glicerol. Untuk makanan dan minuman.

Zink Acetate larut dalam air, dengan titik leleh 237 derajat Celciustun.

Sumber : kamusteknik.archipeddy.com

About these ads

120 Balasan ke Bahan Kimia untuk Home Industri

  1. jual pulsa murah mengatakan:

    trims infonya, tambah wawasan

  2. sanni mengatakan:

    cmc yg murah buatan mana? atau negara apa?

  3. nizar mengatakan:

    Kalau masalah harga saya kurang begitu paham, tapi Indonesia ada beberapa perusahaan yang memproduksi CMC diantaranya PT. Hunpuss Karbometil Selulosa. Coba cari info kesana.

  4. Londho susanto mengatakan:

    Tambah lagi dong nama-nama kimianya dan kegunaanya,kususnya dalam bidang perekat/lem/adhesive

  5. abenk mengatakan:

    nice post….salam kenal….

  6. adith mengatakan:

    bos numpang nanya nich. kalo bahan kimia untuk memproses batu galena bisa ngga menggunakan asam clorida atau menggunakan asam nitrat trims

  7. nizar mengatakan:

    terima kasih Mas..Salam kenal juga..

  8. nizar mengatakan:

    Galena mineral senyawanya PbS kadang kadang bercampur dengan ZnS atau perak.kalau masih berupa mineral campur baur, umumnya PbS di pisahkan dengan proses “froth flotation”. batuan nya digerus sampai halus, diberi wetting agent lalu di floatation dengan gelembung udara. PbS mengapung tinggal diambil kalau sudah berupa PbS prosessing selanjutnya tinggal dibakar/dioxidasikan

    PbS atau ZnS + O2 ———–> PbO2/ZnO2 + SO2.

    sulfur dioxide nya berupa gas sedangkan PbO2/ZnO2 berupa solid jadi langsung terpisah. sampai tahap ini baru didapat oxide nya. oxide tersebut direduksi lagi dengan carbon/cokes prosesnya sebagai berikut

    PbO2/ZnO2 + C ————> Pb/Zn + CO2.

    Co2 berupa gas, Pb/Zn solid tiggal dibawa ke pengepul di timbang
    Pada dasarnya senyawa Pb bisa bereaksi dengan HCl maupun HNO3. Btw, mau diambil sebagai senyawa apa batu galenanya..?

  9. furniture minimalis mengatakan:

    kalau sodium benzoat itu rumus kimianya apa?

  10. nizar mengatakan:

    Sodium Benzoat atau nama lainnya Benzoate of Soda mempunyai rumus kimia NaC6H5CO2 dengan Berat Molekul 144.11 g/mol

  11. jian mengatakan:

    wah bos salam kenal.artikelnya sangat menarik. Klao boleh tanya..kimia untuk membersihkan tinta bolpoint pada kertas dan baju apa ya bos.
    kalo bisa mohon dikirim lewat email ya bos…
    terima kasih dan salam saudara

  12. Budi mengatakan:

    Apakah jual gelatine yang pr

  13. nizar mengatakan:

    Ga jualan gelatine Gan…

  14. nizar mengatakan:

    Coba pake aceton Gan…

  15. nur m mengatakan:

    bos mau tanya yang jual asam sitrat/ citrid acid per sak yang murah dimana di jkt dan berapa harganya sekarang. dan bahan untuk membuat tinta whiteboard apa saja dan komposisinya gimana. tengkiu

  16. nizar mengatakan:

    japri aja ya Mas…

  17. BAMBANG mengatakan:

    klo ingin buat tinta spidol white board yang dibutuhkan apa saja, dan bagaimana caranya. ada nggak panduannya secara gratis

  18. bilqis mengatakan:

    bos kalo bahan yang bisa bikin keramik jadi mengkilap lagi apa bos??? soalnya saya coba bersihin pake ammonium bifloruid keramik saya bersih kesat tapi jadi pucat warnanya (buram) alias tdk mengkilap lagi (tak bisa bercermin), makasih bos d tunggu jawabannya

  19. indra mengatakan:

    mau tanya, cairan untuk pengkilap refektor aluminium ap??

  20. aldhi athawi mengatakan:

    wah..terima kasih informasinya..
    artikel ini bisa dibuat rujukan ni untuk persiapan materi kimia semester 5,,mohon izinnnya yaaaa.
    (aldhia09.student.ipb.ac.id)

  21. nizar mengatakan:

    Mas aldhi..silahkan aja jika berguna..moga sukses kuliahnya

  22. nizar mengatakan:

    Mas Aldhi, silahkan saja jika berguna..moga sukses kuliahnya ya..

  23. mykko mengatakan:

    pelarut pewarna makanan bubuk menggunakan apa ya? soalnya saya mencoba memakai air tapi hasilnya ada endapannya. dengan perbandingan 5 gr pewarna makanan plus 10cc aquades

  24. indra mengatakan:

    thanks for attn

  25. heny mengatakan:

    kalo beli cera alba dimana ya yg eceran?? buat experimen dulu nih.. thx

  26. antoniu mengatakan:

    butuh bahan baku kimia hubungi 08159639004

  27. Heryh10 mengatakan:

    Ada yang hilangin tato pake serbuk kayak kopi itu apa ya!!

  28. PmL9z mengatakan:

    misi saya mau bertanya,apakah ada bahan kimia untuk melunakkan baja/besi contoh nya seperti paku…kalau ada itu cairan apa…mohon bantuan nya…thanks….

  29. adiy mengatakan:

    sy mo tanya :
    membentuk sesuatu atau benda yang berbahan Plat PVC apa kah ada campuran Kimia selain di panaskan.. terimakasih.

  30. Rezky mengatakan:

    Thank’s for information……

  31. noey mengatakan:

    bahan kimia utk memutihkan/mengkilapkan batu alam berwarna putih apa ya..??
    mohon bantuan’a kawan..

  32. Erwin mengatakan:

    Bagaimana caranya tawas bisa digunakan untuk melapisi kain supaya tahan api? terimakasih

  33. tulang mengatakan:

    Bos ak tertarik bngt nih sm artikeknya boleh nanya ga bahan untuk Phospating metal ap ya agar awt dr karat

  34. Hadromi mengatakan:

    Salam kenal..,
    sy tertarik artikel Anda Pa’
    jadi ikutan nanya nih.
    Ada ga zat kimia yang buat menghilangkan noda tinta dikertas tanpa merusak kertas atau background di kertas tsb..?namanya apa ya?
    Makasih ya Pa, ditunggu jawabannya.

  35. nizar mengatakan:

    Maaf Bro..tidak semua reaksi kimia saya kenal dg baik..Tinta biasanya luntur oleh aceton, itupun di media tertentu. Kalo harus tidak merusak kertas, saya belum pernah tau zat kimianya apa..buat PR dech..

  36. nizar mengatakan:

    Saya belum pernah coba. Btw, karat terjadi salah satu faktornya karena dalam kondisi asam. coba pakai unsur carbonat atau yang bersifat basa untuk melindungi metalnya..

  37. Hadromi mengatakan:

    Pa Nizar, sy tanya lagi dong..boleh ya..zat kimia apa yg aman untuk campuran membuat warna tinta ballpoint agar tidak terlalu pekat (sprti warna abu-abu). Dijawab ya Pa..Trims

  38. hilman mengatakan:

    Saya cari:
    ZnSO4
    NaCN
    Kolektor 241
    Aerofrother 77
    HCl
    Na2CO3

    Bisa di dapat di mana?
    Harga per kilo nya berapa?

    Terima kasih

    Hilman

  39. nizar mengatakan:

    sudah dibalas via email ya..

  40. Himawan SN mengatakan:

    Mas nizar, mau nanya ni.. zat kimia apa yang bisa ngilangin kerak yang sudah menahun pada keramik dan porselin sukur gak ngilangin gilapnya. Sebagi gambaran, kalo memakai zat kimia yang bisa melunakkan benda yang keras, karena kerak keramik yang sudah menahun sangat membandel dan cenderung mengeras. Terima kasih atas perhatiannya.

  41. Andre Valentino mengatakan:

    Mas Nizar saya sedang membutuhkan :
    Kolektor 241
    Aerofrother 77

    dimana saya bisa membelinya? terima kasih

    Andre (0877 7021 7944)

  42. fendi mengatakan:

    maaf mas, saya mau tanya zat kimia apa yg dapat menghapus tinta pulpen ya…..? dulu waktu sy masih duduk di bangku smp sering ada pedagang kaki lima yg menjual cairan penghapus tinta pulpen basis minyak dan air, tapi sekarang saya cari kemana mana tidak ketemu….. thanks jawabannya mas

  43. Irma_faTh mengatakan:

    harga gum arab/arabic gum per kg berapa

  44. adelia mengatakan:

    om nizar, mau tanya yg jual Dye/pewarna bubuk untuk anodise (alumunium palting) dimana ya mas.. makasih banyak..

  45. dayat mengatakan:

    Bos numpang nanya nieh, bg mana cara bikin minyak rem dan formulanya.. Trims

  46. Ir.Made Antana mengatakan:

    semoga usaha anda berjalan sukses dengan METALPRE-TREATMENT
    silahkan kunjungi : http://www.metalpre-treatment.com

    anda juga bisa menghubungi :
    Phone : 021 – 70477572 ; 087770332746 ; 081281135862

    TERIMA KASIH

  47. yudy alam mengatakan:

    bos saya punya masalah dengan kimia saya punya satu jenis kertas kertas ini kena hitam sejenis karbon tapi bukan karbon karna tidak luntur apa ya kira obat nya untuk menghapus nya………… yang mungkin ada hubungan nya dengan kimia……… tolong bos minta keterangan nya….. terima kasih atas partisipasi nya & bantuan nya

  48. ayu mengatakan:

    assalamu’alaikum
    alhamdulillah saya nemu blog ini. saya berharap pak nizar bisa membantu saya. masalah saya sama dengan mas hadromi dan mas fendi, mencari bahan yg dapat menghilangkan tinta pulpen tanpa merusak kertasnya. kmrn saya dapet info saat browsing tp saya hubungi dah g aktif. saya tambah kebingungan ne, saya mohon bantuannya pak nizar ato agan2 yang tahu bahan ato tempat jualnya. terimaksih atas bantuannya

  49. RUDHIE 081331287355 mengatakan:

    Salam Kenal Buat Semua…..
    Ikutan nimbrung niiich…..

  50. ika mengatakan:

    boleh tau nama kimia yang buat bersihkan materai yang sudah dipakai??

  51. bianca mengatakan:

    mas mau tanya kl bahan lem putih yang berfungsi untuk pematang/pemanas VAM apa ya?

  52. PT.ASIAPARTS mengatakan:

    Silahkan kunjungi website Kami di http://asiapart-indotech.com dan temukan berbagai macam product yang anda butuhkan yang di antaranya home dan industrial.

  53. ratrie kusuma mengatakan:

    mas..jual gum arab gak? kira2 yang jual gum arab eceran dimana ya?

  54. ki suro alit mengatakan:

    bos mo tnya nich,cairan apa agar besi mudah dibengkokkan?mksh

  55. kartawiyana mengatakan:

    pak mau tanya nich, bahan atau senyawa untuk membuat lem stiker itu apa pak. Terima kasih Pak.

  56. muhammad mengatakan:

    mas mow tanya….nama lain untuk Brass Salt itu apa ya…iya selalu digunakan untuk senyawa tembaga…juga digunakan untuk proses electroplating

  57. muhammad mengatakan:

    om mau tanya lagi ya… apa sih nama lain bagi :

    magnum 07
    am 06
    CH 10
    CH 5
    CH 15
    Elka 1
    Elka 2

    harap bapak dapat membalasnya ya..terima kasih

  58. anas mengatakan:

    saya membutuhkan dyes untuk tinta inkjet..bisa bantu saya g?

  59. haryanto mengatakan:

    saya membutuhkan bahan kimia penghilang lem, westreng yang menempel di kertas.

  60. hendra mengatakan:

    bozzz mau tanya untuk menghilangkan kapur atau yang sering disebut awan atau nasi pada perhiasan batu cincin ,apa ya bozzz… terima kasih ,mohon jawabanya booozzz ..

  61. Agung Jaya mengatakan:

    Assalamualaikum wr wb.

    Untuk sahabat dan rekan rekan semua, yang membutuhkan Gum Arabic / Gum Arabia , saya menjual Gum Arabic per kilo Rp. 63 ribu, gratis ongkos kirim daerah Jakarta dan sekitar nya, untuk luar Jakarta dikenakan ongkos kirim. Minimal pembelian 50kg. Mohon hubungi telpon/sms ke 081310103901, untuk sampel gratis bisa hubungi saya.

    Sekian
    Terima kasih

  62. Maztonz mengatakan:

    Boss kimia apa yg akurat utk mlarutkan plastik bekas kmasan minyak sayur dan mentega?
    Thanks

  63. oky trilesmana mengatakan:

    ass.wrwb..pak aku mau tanya..kl kimia untuk melepaskan alumunium foil yang menempel diplastik spt bungkus bat bs pake apa ya..dan berapa harganya,,mohon info kesaya di 0813.16.558.268/0857.167.57.468 trims.Oky Trilesmana.wassalam

  64. Rickey mengatakan:

    Numpang bertanya. Apakah contoh produk yang mengandung HCl? Mau coba untuk keperluan etching tembaga. Trims

  65. batuparas mengatakan:

    mo nanya gan, untuk zat kimia yg bisa memutihkan batu itu kira2 apa ya…kirim email ya gan di almabruri@yahoo.com

  66. Andre Sange mengatakan:

    mau tanya bos,cara melunak kan karet tanpa mesin miil gmana ya dan apa kimia nya,trims

  67. 5ol3h2012 mengatakan:

    tolong kasih tau cara menghapus tinta di atas kertas putih, tapi kertas tidak sampai kotor atau berbekas…. terima kasih

  68. eddy mengatakan:

    sodium karbonat / Na2 Co3 itu beli dmn ?
    tolong kabarkan di 03160211114

  69. dadang sulistyawan mengatakan:

    numpang tanya bos,,,,,, hydrogen peroxide klo dijadikan satu tabung dengan nitrogen apa betul mempunyai tekanan yg sgt tinggi

  70. budi mengatakan:

    Pak.Nizar,tolong di Email : formulla dempul plastik/putty yg bagus
    Email saya : budi.tjahayapaint@yahoo.com,thanks

  71. zeen mengatakan:

    apakah p nizar punya bahan 1:asam kromat, 2: asam sulfat karena sy udah berusaha cari tetapi susah saya mendapatkannya

  72. zeen mengatakan:

    alamat email saya mz9331@gmail.com mohon bantuannya p.nizar untuk sy bs mendapat (belanja bahan2 yg saya maksud diatas terimakasih atas perhatiannya

  73. eddy mengatakan:

    mau beli cairan penghapus tinta pada kertas dan baju, hubungi saya di eddy_soelo@hotmail.com. terima kasih

  74. udin mengatakan:

    slamat sore pak nizar.. tlong dibantudlu pak, ini saya lgi mau buat kampas rem sepeda motor.cairan kimianya untuk pengikat ampasnya apa ya pak.. ama kimia membuat lem ampas dngan spatu remnya..

  75. udin mengatakan:

    bantu dlu pak nizar bahan kimianya..

  76. irene mengatakan:

    ka emangnya gom arab bisa jd pengemulsi buat kutek?slaen gom arab,pengemulsi nya bs pake apa lagi ya?susah banget nyarinya..makasih :)

  77. gatot mengatakan:

    selamat sore pak Nizar,… saya gatot bisa tolong bantu bagaimana saya dapat membekukan atau memadatkan minyak goreng?
    trims ya Pak sebelumnya.

  78. Heru Pudjo mengatakan:

    Saya membutuhkan DAP untuk campuran latex pekat selain DAP yg dari China, apa ada yang Produksi Lokal ?

  79. jefri mengatakan:

    mantav….klo zat penghancur besi dr bhn tumbuhan ap y???

  80. lisa mengatakan:

    Salam kenal mas,
    Saya Lisa….
    Saya punya black dollar, saya butuh formulanya atau saya mau ajak mas kerjasama.
    Hubungi saya di email

    Terima kasih.

  81. kiki mengatakan:

    gan ada bahan kimia untuk cairkan minyak goreng beku..dan penjernih minyak jelantah..thanks sbelm nya..blas.d.email.

  82. Boled mengatakan:

    CAIRAN PENGHAPUS TINTA/PULPEN/SPIDOL GIMANA CARA BUATNYA? BAHAN/ZAT KIMIA APA SAJA YANG DIGUNAKAN?? PLEASE BAPAK2/IBU2 YANG ADA DISINI SHARING DONK… AKU SANGAT PERLU BANGET SAMA CAIRAN ITU, AKU GAK BISA GUNAIN IJAZAH AKU KARNA DI CORET2 ADIKU… PLEASE MOHON BANTUANNYA.. >.<

  83. Boled mengatakan:

    ini email aku – saint.razeru@gmail.com

  84. jo mengatakan:

    @lisa : email saya ke hendrik_sikku@yahoo.com

  85. ferdonald mengatakan:

    Pak, unsur atau zat kimia yang dapat melarutkan atau mencairken nickel ore atau serbuk nikel yang masih mengandung unsur kimia lainnya apa ya pak..tolong dikirimkan jawabannya ke mail saya :
    Kyrieeleison.donald@yahoo.com

  86. alfian mengatakan:

    pak tolong bantuannya, sy punya duit koleksi hny d dpn duit itu ada tulisan spidolnya, pake zat kimia apa agar tulisan itu bs hilang n ngga mrusak background nya

  87. I all the time used to read post in news papers but now as
    I am a user of internet therefore from now I am using
    net for articles, thanks to web.

  88. I think that what you published made a lot of sense. However, think on this, what if you were to create a killer post title?
    I mean, I don’t wish to tell you how to run your website, but what if you added a post title that grabbed people’s attention?

    I mean Bahan Kimia untuk Home Industri | Nizarnitisara’s Blog is a little vanilla. You should peek at Yahoo’s front page and watch
    how they write post titles to get people to click. You might add a video or a picture or two to grab
    readers excited about what you’ve written. Just my opinion, it would make your posts a little livelier.

  89. Fantastic website. Plenty of useful information here. I’m sending it to some pals ans also sharing in delicious. And obviously, thank you for your sweat!

  90. Noor mengatakan:

    pak tanya yo untuk membuat lem dtiker itu formulanya gemana ya

  91. Ridwan mengatakan:

    salam kenal teman2 saya mau nawarin ni bahan kimia yang dapat menghilangkan flek2 jamur pada kaca mobil atu bangunan baret juga biasa tapi harus tenaga ahlinya. bahan kimia serium oxide polising. mungkin ada yang butuh bisa hub.082110440099-02196328277. semoga bermanfaat.tq Ryan.

  92. mcmoor mengatakan:

    cairan apa yang digunakan dalam membuat letter/tulisan pada marmer(prasasti). terima kasih

  93. hendra mengatakan:

    Boss Nizar, ogut mau tanya nih, cairan kimia apa ya yg dipakai para kawanan maling untuk membuka gembok, soalnya banyak kasus pencurian yg marak dengan mengunakan cairan untuk melepas gembok pagar dengan mudahnya..tengkiyu ya boss infonya.

  94. arar mengatakan:

    Kita mau bertanya,kita dari lombok mau nanya di mana kita bisa beli cairan2 dan larutan yg tersebut di atas,

  95. egi mengatakan:

    Bos,ane mau tanya chemical cair apa yang bisa merubah warna-warna kain supaya menjadi putih/minimal berubah ke warna dasar.hatrnuhun

  96. nizar mengatakan:

    Waduhh..kalo saya kasih tau, itu sih sama saja ngasih pelajaran ke maling mas..

    ________________________________ Dari: “Nizarnitisara's Blog” Kepada: nizar.vnitisara@yahoo.co.id Dikirim: Sabtu, 17 Agustus 2013 8:13 Judul: [Nizarnitisara's Blog] Komentar: “Bahan Kimia untuk Home Industri”

  97. Karina mengatakan:

    Selamat Pagi Bpk/Ibu
    Kami memerlukan harga untuk bahan kimia yang akan kami pergunakan untuk Bantuan Pengadaan Barang Alat Tenun, berikut daftar bahan yang kami perlukan :

    1) Indratin :
     Blue RSN (1 Kg)
     Green B (1 Kg)
     Yellow GCN (1 Kg)
     Brown (1 Kg)

    2) Garam :
     Garam R (1 Kg)
     Red B (1 Kg)
     Black B (1 Kg)

    3) Napthol :
     ASBO (1 Kg)
     ASG (1 Kg)

    4) 4. Costik Soda (2 Kg)

    5) 5. Hydro Sulfit (2 Kg)

    Tolong Berikan Harganya segera.
    Terimakasih..

  98. Uus San mengatakan:

    ada gak yang tau bahan kimia apa yng digunakan untuk merubah warna batu akik?

  99. imron mengatakan:

    Gan.mau yanya ni…. kalo cairan kimia untuk mempercepat peoses penuaan pd batu akik/permata apa ya?ada jual jg nda?.thx a lot

  100. joko mulyowadi mengatakan:

    mas mau tanya bahan kimia untuk memutihkan bulu angsa ato bulu ayam yang warna hitam agar berubah jadi putih kira” ada ya gak selain H202 mas?tolong jawaban sy tunggu via email .mail saya mas…kojekkoq@gmail.com matur nuwun n trims.

  101. henfry mengatakan:

    Kalo bahan kimia untuk white dollar ada ga? thx..sebelumnya.

  102. Jack mengatakan:

    Mas imron silahkan hub saya kollektor batu akik terbesar di sumatera 085376170893

  103. Diki mengatakan:

    Saya jual perekat untuk industri plywood, particle board, MDF, OSB, bambu laminasi, dll. Dengan perekat saya produk yang dihasilkan zero emission, pemakaian hanya 15%, uji mekanik memenuhi JIS, ANSA dan SNI. Minimal order 3 ton perhari, yang berminat silahkan tinggalkan pesan di : diki.martin@gmail.com

  104. hecton mengatakan:

    bos.,ada cairan untuk menyolder aluminium gak ?

  105. fery mengatakan:

    bang , cairan buat pencair karet ap yaaa??

  106. abhy mengatakan:

    bang. klu kta mu hpus bekas tinta pulpen pda materai , kita pakai cairan pa ya ?

  107. aura beling mengatakan:

    numpang nanya pak industri apa yg membutuhkn bubuk beling untk bhn campuran mksh…

  108. Siswanto mengatakan:

    ada bahan baku tinta inkjet (acid ) nga bos?

  109. harjanto mengatakan:

    bang nizar tau ga ya bahan kimia untuk melunakan kayu/selulosa ( cellulose platicizer)? dan bisa di cari dimana ya???

  110. harjanto mengatakan:

    kalo ada info tolong email ke : zil_cmp@yahoo.co.id,thnx

  111. han mengatakan:

    apa jual arabic / acacia gum ? berapa per kg nya.

  112. agung mengatakan:

    Bapak han , saya menjual gum arabic per kilo rp. 68rb hub 081310103901

  113. SOFYAN mengatakan:

    SALAM KENAL MAS NIJAR……MAU TANYA CAIRAN ATAU FORMULA APA UNTUK MENGHILANGKAN KAPUR ATAU AWAN PADA BATU BACAN.. TERIMAKASIH ATAS INFO NYA……

  114. Lukman Adam mengatakan:

    salam kenal mas nizar..

    tanya nih mas… kl bahan kimia untuk menghilangkan warna kain apa ya mas? makasih sebelumnya…

  115. maduratna mengatakan:

    Mas mau tanya.klo ingin bahan tidak mudah nempel pada cetakan logam dikasih bahan kimia apa ya?trim’s

  116. heri mengatakan:

    Salam sejah tera min….

    Saya mau tanya gmn cara pembuatan dan komposisi untuk membuat booster karet pingpong dan pembersih karet…

    Terima kasih, mohon pencerahannya

  117. muhammad akbar mengatakan:

    mas…mau tanya, dimana mau beli lead oxide untuk pembuatan aki??..trima kasih

  118. zaenuri mengatakan:

    pak tanya tentang perekat pestisida,
    sticker itu rumus kimianya apa?
    apa di tempat anda ada? tlg blz di email
    TRIMAKASIH

  119. dadang mengatakan:

    mau tanya untuk pelapisan logam stenlis
    biar ada warna kaya pelangi pake bahan apa ya pak bos?mksh sblmnya

  120. chepy aja mengatakan:

    salam kenal……bos mau tanya nih…..cairan apa yg bisa bikin batu jadi kristal bos…..terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: